9 September 2022 - BY Admin

Workshop Pemberdayaan Ekonomi Bina Ketahanan Keluarga Sejahtera

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (09/09/2022) – Keluarga merupakan tempat seorang akan tinggal, tumbuh berkembang, dan berbagi kasih sayang. Keluarga diharapkan memiliki ketahanan yang baik agar anggota keluarga di dalamnya dapat terpenuhi kebutuhan lahir maupun batin. Fungsi ekonomi merupakan salah satu hal dasar yang harus dipenuhi untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera di samping fungsi keluarga yang lainnya.

Pada nyatanya masih banyak terjadi permasalahan keluarga yang berawal dari kebutuhan ekonomi yang tidak terpenuhi. Sebagai salah satu upaya untuk menjawab permasalahan tersebut, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY melalui Bidang PKK pada Seksi Keluarga Sejahtera mengadakan kegiatan Workshop Pemberdayaan Ekonomi Bina Ketahanan Keluarga Sejahtera.

Workshop ini ditujukan untuk mendorong peningkatan usaha ekonomi di masyarakat dengan mendorong tumbuhnya usaha ekonomi keluarga sebagai upaya pembangunan ketahanan keluarga agar memiliki keberdayaan ekonomi yang kuat dan mandiri secara ekonomi untuk mewujudkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga.

Workshop Pemberdayaan Ekonomi Bina Ketahanan Keluarga Sejahtera dilaksanakan sebanyak tiga kali, yaitu Juli, September, dan Oktober 2022 dengan peserta masing-masing sebanyak 100 orang dari KEP Desa Prima, UPPKA/UPPKS dan BKPMI di DIY. Pada setiap workshop terdapat tema yang berbeda namun tetap berkelanjutan.

Workshop pertama telah terlaksana pada Juli 2022 bertempat di Dinas P3AP2 DIY dengan mengangkat tema ‘Memulai Usaha’. Terdapat tiga materi dalam workshop tersebut, yaitu Memulai Usaha Baru dan Mengembangkan Produk yang disampaikan oleh Drs. Ign Agus Putranto, M.Si. selaku Dosen Ilmu Komunikasi-Advertising Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Kemudian materi ketiga Dream Big Start Small ‘Mimpilah yang besar tapi dimulai dari hal kecil’ dari Wedness Aria Yudha STP selaku Co-Founder-Chocolate Technology Officer, PT nDalem Value Creation Indonesia Yogyakarta. Materi yang disampaikan pada workshop ini diharapkan dapat menjadi bekal dasar bagi peserta untuk semangat dan terinspirasi tetap berjuang dalam pemberdayaan ekonomi keluarganya.

Workshop kedua yang akan dilaksanakan pada September 2022 akan mengangkat tema ‘Komunikasi Pemasaran Terintegrasi’ dan workshop ketiga rencananya akan dilaksanakan pada Oktober 2022 dengan mengangkat tema ‘Branding dan Rebranding’.

Peserta yang akan diundang dalam workshop kedua dan ketiga ini merupakan peserta yang sama pada workshop pertama. Diharapkan dengan mengikuti workshop secara berkelanjutan, peserta mendapatkan ilmu, wawasan, strategi, inovasi baru yang mampu menjadi acuan dalam pengembangan usaha yang telah dimiliki atau menjadi ide baru bagi yang akan memulai usaha. Peserta nantinya juga diharapkan dapat menjadi pelopor bagi lingkungan sekitarnya dalam mendukung terwujudnya pemberdayaan ekonomi keluarga sehingga dapat tercapai keluarga yang berkualitas. (*)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?