27 Januari 2023 - BY Admin

Satu-satunya Provinsi di Indonesia, Pemda DIY Raih Penghargaan DRPLA

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (27/01/2023) – Pemda DIY berhasil meraih penghargaan sebagai satu-satunya provinsi dengan Predikat Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DRPLA). Selain penghargaan DRPLA, DIY juga meraih penghargaan sebagai daerah yang menerapkan Kebijakan Pengarusutamaan Gender melalui penempatan ASN Perempuan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi pada Tahun 2022 sebesar 32,50 persen.

Penghargaan diserahkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Gedhong Pracimasana, Kepatihan, Yogyakarta, Kamis (26/1).

“Penghargaan DRPLA ini merupakan apresiasi dan komitmen daerah dalam meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak. Demikian juga dalam hal pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak,” kata Menteri PPPA.

Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA, Lenny N. Rosalin, menjelaskan, DIY merupakan provinsi pertama dan satu-satunya yang menerima penghargaan tersebut. Karena untuk tahun 2022, penghargaan tersebut baru diberikan pertama kali dan DIY sebagai provinsi yang menerima penghargaan ini satu-satunya di seluruh Indonesia. Ada lima indikator yang jadi penilaian Kementerian PPPA dalam memberikan penghargaan ini. Pertama, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diukur dari pendidikan, kesehatan, dan ekonomi. Selain itu, Indeks Pembangunan Gender (IPG) yang diukur dari rasio kesenjangan antara IPM laki-laki dan perempuan. IPG serta Indeks Perlindungan Anak (IPA) yang mengukur pemenuhan hak anak mulai dari pendidikan, kesehatan, pengasuhan, partisipasi anak, serta perlindungan khusus bagi anak-anak yang membutuhkan perlakuan khusus.

Selain itu, juga ada indikator peringkat dari Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang diraih provinsi pada tahun berjalan. “Penghargaan ini penting karena secara persentase jumlah penduduk perempuan mencapai 49,5 persen dari total penduduk, sedangkan jumlah anak 31,6 persen, sehingga perempuan dan anak jika dijumlahkan dua pertiga dari total penduduk,” terang Lenny. (Ria)-d

Sumber : KR

Foto : Humas Jogja

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?