21 April 2022 - BY Admin

Puncak Peringatan Hari Kartini Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2022

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (21/04/2022) - Panitia Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 DIY menyelenggarakan Puncak Peringatan Hari Kartini yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 21 April 2022 bertempat di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan oleh Panitia Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 DIY yang terdiri dari 5 (lima) komponen organisasi besar perempuan di DIY yaitu Bhayangkari sebagai leading sector, Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan, dan Tim Penggerak PKK.

Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan pentingnya melakukan hening cipta dalam setiap Peringatan Hari Kartini untuk menghormati Kartini yang oleh Pramoedya Ananta Toer dijuluki Puteri Abad Baru sebagai pembuka tabir-tabir gelap penuh mitos yang mengakar pada tradisi patriarki.

Turut hadir dalam acara ini GKR Hemas, GKBRAy A. Paku Alam, Pimpinan DPRD DIY, Sekretaris Daerah DIY R Kadarmanta Baskara Aji, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah DIY, Ketua Unsur Lima Organisasi Wanita DIY, Tokoh Perempuan, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota DIY, Kepala Dinas P3AP2 Penduduk DIY Erlina Hidayati Sumardi, serta segenap Panitia dan tamu undangan.

Dalam acara ini turut dilakukan penyerahan penghargaan terhadap Pemenang Lomba UMKM Kategori Mode dan Kategori Kuliner, Penghargaan Dewan Juri, serta Penghargaan yang diberikan kepada Penyandang Disabilitas. Acara juga diwarnai dengan pementasan tari Sanggar Didik Nini Thowok.

Berbarengan dengan Acara Puncak tersebut terlaksana juga Kegiatan Pemberian Penghargaan “Perempuan Berjasa dan Berprestasi” dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju  (OASE-KIM) dalam rangka Hari Kartini Tahun 2022 yang dilaksanakan langsung dari Istana Negara yang dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Penyerahan penghargaan di D.I. Yogyakarta diilaksanakan bertempat di Gedhong Pracimasono Komplek Kepatihan Danurejan Yogyakarta. Menghadirkan 5 perempuan tangguh yang berhasil terpilih mendapat penghargaan Perempuan Berjasa dan Berprestasi. Dalam pemberian penghargaan dari Pemerintah Pusat diwakilkan oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X selaku Wakil Gubernur D.I. Yogyakarta. Adapun kelima perempuan penerima penghargaan tersebut yaitu Ibu Sekti Rokhani pada Bidang Sosial Budaya dari Kabupate Kulonprogo, Ibu Tuminah/ Mirna Dewi pada Bidang Lingkungan Hidup dari Kabupaten Bantul, Ibu Warti pada Bidang Pertanian dari Kabupaten Gunungkidul, Ibu Susi Ediwoto Farid pada Bidang Pendidikan dari Kabupaten Sleman, dan Ibu Agustina Sriwaningsih pada Bidang Kesehatan dari Kota Yogyakarta.

Yang kemudian kegiatan dilanjutkan dengan berdoa bersama-sama. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dari tiap daerah yang berhasil mendapatkan penghargaan atau yang mewakili, Pimpinan OPD baik Pemda maupun Pemkot/Pemkab terkait atau yang mewakili, dan Direktur dari Rifka Annisa. (AC)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?