30 Mei 2023 - BY Admin

Penyerahan Penghargaan bagi Perempuan Berjasa dan Berprestasi di Kabupaten/Kota DIY

Yogyakarta, DP3AP2. Dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-145, Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet  Indonesia Maju (OASE) Kembali memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan berjasa sebagai wujud pemerintah hadir dalam memberikan apresiasi kepada perempuan berjasa dan berprestasi pada bidang-bidang tertentu di semua kabupaten/kota di Indonesia. Penghargaan ini ditujukan sebagai upaya untuk dapat mendorong kinerja perempuan agar berperan aktif dan mengabdi kepada masyarakat sehingga terus menginspirasi.

Penghargaan tahun ini diberikan kepada 5 (lima) perempuan dari kabupaten/kota di DIY dalam 5 bidang yaitu: bidang pertanian, bidang lingkungan hidup, bidang Pendidikan, bidang Kesehatan dan bidang social budaya.

Setelah melalui serangkaian seleksi dari kabupaten/kota dan tim di provinsi serta pencermatan dari Oase-KIM diputuskan lima penerima dari DIY yaitu:

  1. Kategori Bidang LINGKUNGAN HIDUP diberikan kepada Ibu Mariati dari Kabupaten Kulon Progo. Ibu Mariati atau yang lebih dikenal atiek mariati. Beliau dikenal aktif menjadi relawan Eco Enzyme Nusantara sekaligus menjadi Ketua Eco Enzyme Nusantara Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan sehari-hari yang telah dilakukan antara lain melakukan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah organik menjadi eco enzyme yang mempunyai banyak manfaat baik bagi pertanian, udara,tanah, air dan bagi kesehatan makhluk hidup. Hasil dari kegiatan yang telah dilakukan Ibu Mariati antara lain masyarakat sudah banyak yang mampu menyelesaikan masalah sampahnya sendiri dengan mengolahnya menjadi eco enzyme dan memanfaatkan hasilnya serta sebagian sudah bisa membuat produk turunan dari eco enzyme untuk dijual guna menambah penghasilan keluarga.
  2. Kategori Bidang PERTANIAN diberikan kepada Tri Sukamdiyah dari Kabupaten Bantul. Perempuan Kelahiran Bantul ini merupakan ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Guyub Rukun Kalimundu, dan Korwilkab Kelompok Wanita Tani (KWT)Kapanewon/kecamatan Sanden Bantul. Sejak tahun 2018 sudah melakukan kegiatan pemberdayaan perempuan terutama di kegiatan pertanian dan akan berkarya untuk kemajuan di bidang pertanian.
  3. Kategori Bidang PENDIDIKAN diberikan kepada Sumarsini, S.Pd.AUD dari Kabupaten Gunungkidul. Beliau kelahiran Gunungkidul 3 Mei 1973 adalah perempuan yang aktif sebagai Pendidik PAUD, yang telah berkegiatan sejak tahun 2005, mempunyai pengalaman dalam melaksanakan pendampingan kepada lembaga PAUD untuk membuka program Layanan PAUD Holistik Integralif (HI) serta melaksanakan Program Parenting. Dari pengalaman tersebut, beliau dan beberapa pendidik PAUD membentuk tim Fasiitator PAUD HI (HIMPAUDI) Kabupaten Gunungkidul. Tim ini mendampingi PAUD di masing-masing kecamatan agar melaksanakan layanan PAUD HI. Tim ini selalu meningkatkan kompetensi untuk menguatkan diri sebagai pendamping Program melalui kegiatan sosialisasi, workshop, dan FGD.
  4. Kategori Bidang KESEHATAN diberikan kepada Retnaningsih dari Kabupaten Sleman . Beliau merupakan Dukuh Joho, Condongcatur, Sleman. Beliau adalah pejuang pengentasan stunting dan selama pandemi merupakan motor penggerak dalam penanganan warga yang terkena covid19. Beliau Aktif dan turun langsung dalam penanganan, menggerakkan sistem support untuk warga yang harus melakukan isolasi mandiri.
  5. Kategori Bidang SOSIAL BUDAYA diberikan kepada Yuning Rosanti, SE dari Kota Yogyakarta. Beliau aktif berkiprah melalui berbagai program untuk pelestarian budaya di Kota Yogyakarta. mencegah terjadinya pernikahan dini, Narkoba, kekerasan pada anak, dan KDRT. Beliau juga membuka "Kopi Warsimah" yang merupakan Warung Pemberdayaan yang dibentuk sebagai wadah untuk memberikan Pengetahuan dan Ketrampilan tentang pengelolaan mini café yang dilakukan dengan tujuan agar para remaja/ anak putus sekolah dapat mandiri dan berdaya. Salah satu programnya WARSIMAH PASARAN merupakan wujud pemberdayaan ekonomi perempuan.

 

Penghargaan tersebut disampaikan dalam acara Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan ke-VIII yang dilaksanakan pada hari Senin, 29 Mei 2023 di Jogja agro Park (JAP) Wijimulyo, nanggulan, Kulonprogo. Penghargaan disampaikan oleh Tri Saktiyana, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Mewakili Gubernur DIY  dengan didampingi oleh Kepala Dinas P3AP2 DIY Ibu Erlina Hidayati Sumardi dan disaksikan oleh perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri.

Harapan dari pemberian penghargaan ini selain sebagai upaya apresiasi terhadap upaya perempuan dalam berbagai bidang juga diharapkan dapat memberikan semangat pada perempuan-perempuan lain untuk terus berkarya (AN)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?