8 Desember 2023 - BY Admin

Pentingnya Pengasuhan Orang Tua dalam Membentuk Karakter Pancasila pada Anak

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (08/12/2023) - Sebagai negara berdasar negara Pancasila, Indonesia menjadi negara yang menjadikan Pancasila sebagai landasan berlangsungnya kehidupan berbangsa dan bernegara. Masyarakat memiliki tanggung jawab besar untuk mewariskan nilai-nilai luhur kepada generasi penerusnya dan lingkungan pertama yang memiliki peran utama dalam pembentukan karakter anak adalah pengasuhan orang tua. Peran orang tua merupakan kunci utama dalam proses Pendidikan karakter berlandaskan Pancasila.

Lingkungan keluarga merupakan tempat pertama dimana anak-anak belajar, tumbuh dan mengembangkan nilai-nilai serta keterampilan sosial yang jika dilandasi nilai-nilai luhur Pancasila akan membentuk karakter baik pada anak. Lingkungan keluarga dan peran orang tua memiliki dampak penting dalam membentuk nilai-nilai, etika dan moral anak yang sejalan dengan prinsip Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Mengapa demikian? Berikut ini alasannya:

1. Pembentukan karakter : Lingkungan keluarga merupakan tempat pertama dimana anak belajar, tumbuh dan berkembang dan akan menjadi tempat pertama anak untuk mengenal nilai-nilai dan prinsip Pancasila. Orang tua pun harus memberikan pemahaman tentang nilai-nilai dasar seperti gotong-royong, keadilan, keagamaan, toleransi hingga demokrasi.

2. Landasan Moral : Anak-anak cenderung meniru perilaku yang mereka lihat di lingkungan keluarga. Orang tua adalah role model yang paling dekat dengan anak sehingga melalui contoh tindakan sehari-hari yang dilihat anak dapat membentuk karakter anak yang sesuai dengan prinsip dan moral hingga etika yang sesuai dengan Pancasila.

3. Pendidikan Toleransi : Pancasila juga menekankan pada keberagaman yang juga sejalan dengan toleransi di dalamnya. Lingkungan keluarga dapat menjadi tempat anak belajarr mengenal keberagamanan, menghormati perbedaan, dan menerima keberagaman serta memupuk sikap toleransi.

4. Pendidikan Tanggungjawab dan Kemandirian : Dengan pendidikan berlandaskan Pancasila, Orang tua dapat memberikan arahan untuk menjadi individu yang memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas dan kemandirian yang dilatih melalui kegiatan sehari-hari.

5. Sinergitas Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Orang Tua : Penting adanya komunikasi yang baik dan terkoordinasi antara lingkungan dan pengasuhan orang tua agar pesan yang disampaikan atau diajarkan dapat tersampaikan dan dijalani dengan konsisten.

Dengan memahami dan mengambil peran secara aktif dalam pendidikan karakter Pancasila pada anak-anak, orang tua berkontribusi pada pembentukan generasi penerus yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga berakhlak luhur dan memiliki identitas kuat sebagai warga negara Indonesia. Anak membutuhkan dukungan dari lingkungan nya agar dapat tumbuh menjadi individu yang sehat, seimbang, dan berdaya di Masyarakat. Pendidikan karakter sejak dini akan membantu menciptakan generasi penerus bangsa yang memiliki etika yang baik, bermoral dan memiliki komitmen dalam Pembangunan bangsa yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur dan prinsip-prinsip dasar Pancasila. (DE- FAD)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?