27 Oktober 2022 - BY Admin

Pendampingan PPRG di Kalurahan Tuksono Kapanewon Sentolo Kulon Progo

Kulon Progo, DP3AP2 DIY (27/10/2022) - Sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang dilaksanakan bulan Juli 2022, DP3AP2 melakukan pendampingan ke kalurahan peserta pelatihan. Pendampingan PPRG di Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo dilaksanakan tanggal 26 Oktober dan 11, 16, 18 November 2022, Acara bertempat di Gedung Serba Guna Kalurahan Tuksono pukul 09.00 - 12.00 WIB, Peserta pelatihan Pendampingan sejumlah 20 Orang terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah, Bamuskal, Carik, Kamituwo, Dukuh, Anggota Desa Prima, Anggota Desa Mandiri Budaya, Karang Taruna, Kelompok Disabilitas dan Staff Kalurahan.

Didampingi Subkoordinator Data, Informasi dan Kerjasama Dinas P3AP2 DIY Arif Nasiruddin,Spsi., M.A. dan Pendampingan Pelatihan PPRG oleh Tenti Novari Kurniawati dari Ide dan Analitika Indonesia (IDEA) dan Tri Setyaningsih selaku Sekretaris Kalurahan Tuksono. Pendampingan dibagi 2 tahap Tahap pertama meningkatkan pengetahuan dan skill peserta tentang konsep gender, analisis  gender, dan perancangan program dan kegiatan responsif gender melalui serangkaian  training. Tahap kedua pendampingan teknis khusus untuk merancang rekomendasi program dan kegiatan responsif gender untuk RAPBKal 2023. Dari dua tahap diatas dibagi menjadi 4 pertemuan, Konsep Keadilan  Gender dan Analisis Gender, Peta dan Analisis Gender Harvard, Bedah RPJMKal atau APBKal dan pertemuan terahir Menyusun Program dan Kegiatan untuk APBKal 2023.

Isu Gender dikalurahan perlu diperhatikan terutama terkait anggaran yang dialokasikan untuk mendukung Isu-isu Gender, hal ini juga dibutuhkan untuk tercapainya Anggaran yang Akses Partisipasi Kontrol dan Manfaat (APKM) mengena pada semua lapisan masyarakat kalurahan.(Aj)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?