26 Agustus 2022 - BY Admin

Pendampingan PPRG di Kalurahan Bangunjiwo Kasihan Bantul

Bantul, DP3AP2 DIY (26/08/2022) - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY, sebagai tindak lanjut dari Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), melakukan pendampingan ke kalurahan peserta pelatihan.

Pendampingan PPRG di Kalurahan Bangunjiwo Kapanewon Kasihan Bantul dilaksanakan tanggal 11,18, 25 Agustus 2022. Acara bertempat di Gedung Serba Guna Kalurahan Bangunjiwo dan dilaksanakan setiap hari Kamis pukul 12.00 - 16.00 WIB. Peserta pelatihan pendampingan berjumlah 20 orang yang terdiri dari Lurah, Sekretaris Lurah, Bamuskal, Carik, Kamituwo, Dukuh, Anggota Desa Prima, dan Staff Kalurahan.

Didampingi Subkoordinator Data, Informasi dan Kerjasama Dinas P3AP2 DIY, Arif Nasiruddin, M.A., dan Pendampingan Pelatihan PPRG oleh Ibu Tenti dari IDEA (Ide dan Analitika Indonesia). Pendampingan dimulai dengan pemahaman tentang Pengertian Gender, Analisis Gender dan Perencanaan Penggangaran Responsif Gender. Pada hari pertama pendampingan diberikan paparan tentang pengertian Gender dan contoh ketidakadilan gender di lingkungan sekitar. Pertemuan hari kedua peserta dilatih bagaimana menganalisis dan Pemetaan Isu Gender, lalu dibuat grup diskusi untuk belajar menganalisis isu gender. Pertemuan terakhir peserta diberikan paparan bagaimana cara penganggaran isu gender. Pada kesempatan ini, peserta diberikan contoh dokumen RKPKal tahun sebelumnya dan setelah diskusi masing-masing grup mempresentasikan hasil diskusi berupa hasil Analisis dan Penggangaran yang Responsif Gender.

Isu Gender di kalurahan masih perlu diperhatikan untuk kesejahteraan bersama terutama perempuan yang selama ini dianggap sebagai individu lemah dan kerap dinomerduakan dari laki-laki. Hal ini juga sebagai pengamalan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemberdayaan Perempuan Sepenuhnya menjadi Tanggung Jawab Daerah. (aj)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?