8 Juli 2022 - BY Admin

Pelatihan Pencatatan dan Pelaporan Data Penanganan KtPA di Kulon Progo

Wates, DP3AP2 DIY (08/07/2022) – SIGA (Sistem Informasi Gender dan Anak) dan SIMFONNI-PPA merupakan aplikasi yang dikelola oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota. Melalui sistem ini, dikumpulkan dan dikoordinasikan data penanganan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menjamin keberlangsungan sistem tersebut perlu terus ditingkatkan kemampuan para personil petugas data tentang SOP penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak juga mekanisme pencatatan melalui sistem tersebut. Pelatihan untuk lembaga di wilayah Kabupaten Kulon Progo dilaksanakan pada Rabu, 6 Juli 2022 di Hotel Kusuma Wates. Pada pelatihan kali ini hadir perwakilan petugas rumah sakit, pengadilan agama, kepolisian, UPT PPA dan juga lembaga terkait yang masuk dalam jejaring penanganan KtPA di Kulon Progo.

Acara yang dimoderatori oleh Ibu Sri Suharwati tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Bapak Drs. Yohanes Irianta, M.Si. yang memberikan beberapa prakata terkait kondisi data kekerasan sampai saat ini. Acara tersebut dilanjutkan dengan penyampaian materi mekanisme pencatatan dan pelaporan data KtPA melalui Simfoni-PPA dan SIGA DIY.

Materi disampaikan oleh Bapak Arif Nasirudin S.Psi., M.A. selaku admin data Simfoni-PPA dan SIGA DIY. Penyampaian tersebut dilakukan sebagai awalan penguraian materi yang berhubungan pada sesi selanjutnya yaitu pengisian kolom data. Di sistem data tersebut dimasukkan berdasarkan laporan yang masuk dan nantinya akan dikelola dari berbagai pihak yang memiliki akun sistem tersebut. Pada pelatihan ini juga dibuatkan pembaruan akun dan password pada sistem dan pembuatan akun baru pada anggota non lembaga.

Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan agar lembaga terkait dan anggota lain yang juga memiliki akses ke Sistem Informasi SIGA dan Simfoni bisa mengisi data dengan baik dan benar sesuai sistem. Dan diharapkan pengisian tersebut juga bisa dilakukan segera agar data yang masuk bisa segera diproses dan dilakukan tindak lanjut. (april)

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?