9 Juni 2023 - BY Admin

Dana Keistimewaan untuk Menguatkan Pemberdayaan Perempuan Rentan melalui Desa Prima

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (09/06/2023) - Program Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Desa Prima) yang diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DP3AP2 DIY, kemanfaatannya semakin dirasakan oleh masyarakat DIY. Terlebih lagi setelah program ini mendapat dukungan dari Selalu. dana keistimewaan (danais) sejak tahun 2021.

Kepala DP3AP2 DIY Erlina Hidayati Sumardi SIP MM menuturkan, program Desa Prima ini menjadi pintu masuk pembangunan masyarakat, terutama pemberdayaan kaum perempuan di tingkat kalurahan. "Program Desa Prima ini salah satu tujuannya adalah peningkatan produktivitas ekonomi yang bisa dikatakan sebagai daya tariknya," terang Erlina dalam Podcast Rembag Kaistimewan bertema 'Dana Keistimewaan untuk Menguatkan Pemberdayaan Perempuan Rentan melalui Desa Prima'.

Podcast Rembag KaIstimewan diselenggarakan oleh Paniradya Kaistimewan DIY di Gedung Paniradya Kaistimewan DIY, Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kepa- tihan Danurejan Yogyakarta, Kamis (8/6) dan disiarkan ive streaming melalui channel YouTube Paniradya Kaistimewan DIY. Kegiatan podcast ini didanai dengan dana keistimewaan.

Rembag Kaistimewan menghadirkan narasumber lain Aris Eko Nugroho SP MSi (Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY), Suprapti AMd Pust (Carik Kalurahan Putat, Gunungkidul), Suratmi (Ketua Desa Prima Bejiharjo, Gunungkidul). Acara dimeriahkan special performance Sanggar Wnisis dan Fun Selalu.

Para peserta (Sahabat Istimewa) yang mengikuti podcast rembag kaistimewan bisa mendapat free e-sertifikat dari Corporate University Paniradya Kaistimewan dengan mengisi form di kolom chat di channel You Tube Paniradya.

Menurut Erlina, perempuan-perempuan di kalurahan tertarik dan bergabung dalam program ini, mereka akan saling berbagi pengalaman, dan diberikan berbagai pelatihan pelatihan. Tidak hanya terkait peningkatan perekonomian saja, tapi banyak tema untuk peningkatan wawasan kaum perempuan. Seperti ilmu parenting, keadilan gender, ini,"harapnya pendidikan anak, dan lain sebagainya.

"Hasil akhirnya, setelah perekonomian keluarga meningkat dan perempuan berdaya, harapan kami tidak ada lagi perkawinan anak di keluarga, tidak ada pekerja anak, tidak ada anak putus sekolah, dan tidak ada kekerasan dalam keluarga. Hal itu akan berdampak positif ditingkat yang lebih luas yaitu masyarakat," ujarnya

Aris Eko Nugroho mengatakan, program Desa Prima masuk dalam 11 Kebijakan Strategis Gubernur DIY yaitu ada di dalam program Rintisan Kalurahan Mandiri Budaya. Menurut Aris, program Desa Prima ini merupakan salah satu contoh program yang dilakukan oleh OPD (Dinas DP3AP2) di lingkungan Pemda DIY dalam upaya menyejahterakan masyarakat. Meskipun baru mendapat dukungan danais pada 2021, namun program ini telah membuktikan sinergi katanya. yang kuat antara Pemda DIY dengan masyarakat kalurahan, bahwa program ini betul-betul dibutuhkan oleh masyarakat.

"Kami (Paniradya Kaisti mewan) masih banyak mendapatkan pertanyaan terkait pemanfaatan danais, apakah betul-betul berguna bagi masyarakat. Maka kami berharap masyarakat penerima manfaat mau bercerita bagaimana penggunaan danais ini,”harapannya.

Suratmi menceritakan bagaimana kuatnya dampak dari dukungan danais terhadap peningkatan kualitas hidup kaum perempuan di kalurahannya melalui program Desa Prima Kelompoknya mendapat dukungan dari sisi penguatan modal, dukungan dana untuk pengembangan kreativitas dan lainnya. "Kami betul-betul merasakan manfaat danais," ujarnya.

Menurut Suratmi, anggotanya banyak bergerak di bidang kuliner dan kerajinan. Setelah mengikuti pelatihan inovasi bisnis, salah satu produk unggulan, yaitu bakso goreng yang awalnya hanya satu varian (rasa original), saat ini muncul varian rasa yang lain. Begitu pula dengan produk keripik pisang yang mengakomodir permintaan pasar. "Banyak anak muda sekarang butuh camilan, kita hadirkan keripik pisang dengan coklat meleleh dan itu sangat digemari konsumen," katanya.

Sedangkan Suprapti mengatakan, Desa Prima Kalurahan Putat, Gunungkidul dibentuk oleh DP3AP2 DIY pada tahun 2019, dan terus mendapatkan pendampingan, bantuan fasilitasi, peralatan serta modal, Manfaat itu semakin terasa, setelah program Desa Prima ini mendapat dukungan danais. Produk unggulannya adalah bolu kelapa, dodol coklat dan ampyang coklat

"Sekarang kami fokusnya ke bolu kelapa. Setiap hari minimal kami harus membuat 1.000 pcs bolu kelapa, karena tingginya permintaan. Sekarang juga sudah dibangunkan rumah produksi, sehingga diharapkan bisnis terus berkembang dan penghasilan anggota kelompok meningkat," katanya.

Sumber : KR Yogya

Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?