7 Mei 2024 - BY Admin

Angka Ketimpangan Gender DIY Terbaik se Indonesia

Yogyakarta, DP3AP2 DIY (07/05/2024) - Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), diketahui bahwa Indeks Ketimpangan Gender (IKG) DIY tahun 2023 merupakan yang terbaik dari seluruh Provinsi di Indonesia. Indeks Ketimpangan Gender mengukur ketimpangan gender pada tiga dimensi : Kesehatan Reproduksi, Pemberdayaan Gender, dan Pasar Tenaga Kerja. IKG DIY tahun 2023 adalah 0,142, hasil tersebut mengalami penurunan dari tahun 2022 yaitu 0,240. Bahkan selisih dari provinsi lain sangatlah signifikan. Data itu bahkan menunjukkan bahwa DIY adalah provinsi dengan penurunan terdalam/terbanyak dari seluruh provinsi di Indonesia. Penurunan ketimpangan gender terjadi di seluruh kabupaten/kota di DIY dengan penurunan terdalam di Kabupaten Sleman, termasuk Kabupaten yang memiliki IKG paling rendah dibanding kabupaten/kota lainnya.


Perbaikan ini terutama dipengaruhi oleh peningkatan capaian dimensi kesehatan reproduksi. Perbaikan dimensi kesehatan reproduksi sendiri dipengaruhi oleh indikator perempuan melahirkan hidup tidak di fasilitas kesehatan yang turun dari 1,6 persen pada tahun 2022 menjadi 0,0 persen pada tahun 2023. Dimensi kesehatan reproduksi juga didukung oleh perbaikan indikator perempuan yang saat melahirkan hidup pertama berusia kurang dari 20 tahun. Indikator tersebut turun dari 14,6 persen pada tahun 2022 menjadi 13,0 persen pada tahun 2023.
Perbaikan dimensi pemberdayaan dipengaruhi oleh perbaikan indikator semakin kecilnya kesenjangan perempuan berbanding laki laki didalam menempuh Pendidikan tingkat sekolah menengah atas yaitu 51,12 persen untuk laki laki dan 47,62 persen untuk perempuan atau hanya 4,5 persen kesenjangannya. Sementara indikator keterwakilan perempuan di legislatif juga semakin kecil kesenjangannya yaitu 78,18 persen untuk laki laki berbanding 21,82 persen.


Perbaikan Dimensi Pasar Kerja juga menunjukan angka yang semakin mengecil kesenjangannya yaitu 19,01 persen untuk indikator Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK). Untuk Indeks Ketimpangan Gender Kabupaten paling kecil atau paling baik oleh Kabupaten Sleman yaitu 0,116 sementara kesenjangan tertinggi oleh Kabupaten Gunung Kidul 0,183 persen.


Data ini menunjukan bahwa ketimpangan gender di DIY semakin mengecil dan dapat diartikan sebagai keberhasilan upaya perwujudan kesetaraan gender karena semakin rendahnya ketimpangan yang terjadi antara laki-laki dan perempuan. Namun meski begitu, DIY harus tetap berbenah dan semakin meningkatkan upaya perwujudan kesetaraan gender di berbagai bidang kehidupan.




Sumber : BPS


Silakan Pilih CS

Pengaduan P2TPAKK
Telekonseling Tesaga
Layanan SAPA 129
Satgas PPA DIY
Tutup
Ada yang bisa kami bantu?