P2TPAKK RDU merupakan kepanjangan dari Pusat Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Korban Kekerasan "Rekso Dyah Utami". Masyarakat dapat melaporkan tindak kekerasan yang dialami pribadi maupun orang lain ke email reksodyahutami@yahoo.com atau WhatsApp ke 08995006959. Adapun ketentuannya sebagai berikut : 

  1. I. KRITERIA KORBAN
    1. 1. Perempuan korban kekerasan
    2. 2. Anak (Perempuan dan Laki-laki) korban kekerasan;
    3. 3. Laki-laki dewasa korban kekerasan sebatas konsultasi;
    4. 4. Korban kekerasan perempuan dan anak dengan Tempat
    5. Kejadian Perkara (TKP) di Wilayah DIY;
    6. 5. Bagi Korban kekerasan perempuan dan anak dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di luar Wilayah DIY yang melapor ke P2TPAKK “Rekso Dyah Utami”, korban diidentifikasi dan memperoleh perlindungan sementara, selanjutnya dikoordinasikan dan/atau dirujuk ke instansi/lembaga yang menangani masalah kekerasan perempuan dan anak daerah asal korban.

  2. II. PENATA LAKSANA LAYANAN
    1. A. Penerimaan layanan awal korban kekerasan perempuan dan anak dapat melaporkan kasusnya dengan cara-cara :
      1. 1. Korban datang sendiri dan/atau dengan pendamping;
      2. 2. Rujukan;
      3. 3. Telepon (Kabel/HP) atau surat menyurat;
      4. 4. Laporan pengaduan dari keluarga dan masyarakat;
      5. 5. Penjangkauan atau penjemputan;
      6. 6. Bagi korban kekerasan yang berstatus anak didampingi oleh orang tua atau orang tua asuh, saudara atau tetangga;
      7. 7. Dalam hal anak tidak didampingi oelh orang tua atau orang tua asuh, saudara atau tetangga dekat, P2TPAKK “Rekso Dyah Utami” menyediakan petugas pendamping:
      8. 8. Koordinasi lintas Kabupaten/Kota/Provinsi/Negara.
    2. B. Jenis layanan bagi korban kekerasan perempuan dan anak di P2TPAKK “Rekso Dyah Utami”
      1. 1. Bidang Layanan Pengaduan
        1. a. Melakukan administrasi proses pengaduan;
        2. b. Memberikan konseling pada korban;
        3. c. Melakukan koordinasi dan rujukan ke layanan lanjutan dan pihak terkait.

    3. III. PENANGANAN KASUS PADA SAAT KORBAN DI P2TPAKK “REKSO DYAH UTAMI” DIY

Kontak TeSAGa :

Telepon : (0274) 565003

Whatsapp : 087719292111

FB/IG/Twitter : Tesaga_DIY

 

Latar belakang TeSAGa DIY

Di Daerah Istimewa Yogyakarta ada beberapa kasus yang terjadi, dimana kasus tersebut bila ditelusuri lebih dalam berujung dari keluarga. Beberapa kasus y6ang terjadi antara lain adalah masih terjadi kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, kasus anak yang berhadapan dengan hukum, anak sekolah yang drop out sekolah, kasus perceraian, kasus pernikahan usia anak, perkelahian antar pelajar, kasus anak pengguna narkoba, hamil pada usia anak, enemia remaja dan lain-lain. Dari berbagai kasus tersebut diperlukan suatu informasi yang baik dan benar ke anak-anak dan keluarga yang membutuhkan, oleh karena itu diperlukan suatu layanan yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY adalah dengan memebrikan layanan konsultasi gratis melaui pesawat telepon maupun melalui media sosial. Telepon Sahabat Anak dan Keluarga (TeSAGa) DIY merupakan bentuk penguatan dan inovasi dari DP3AP2 DIY terhadap Telepon Sahabat Anak (TeSA) 129 DIY agar fungsi TeSA menjadi berkembang. Hal ini merupakan suatu bentuk kepedulian DP3AP2 DIY terhadap permasalahan anak dan keluarga yang lebih beragam dan belum terselesaikan hingga saat ini.

Akar permasalahan yang terjadi pada anak sebenarnya berasal dari dalam “Keluarga”, ketika Keluarga memiliki “Ketahanan Keluarga” yang baik, maka akan tercipta keluarga tangguh. Dimana fungsi keluarga berjalan baik, mampu mengatasi masalah dan harmonis. Dari sini maka akan terbentuk pula jiwa anak yang kuat dan sehat, sehingga anak akan memiliki karakter serta perilaku yang positif.

 

Tujuan TeSAGa DIY

Memberikan saran, masukan maupun solusi untuk mendukung penyelesaian permasalahan anak dan keluarga sehingga dapat menguatkan dan mendorong terwujudnya Ketahanan Keluarga melalui telepon maupun media sosial.

 

Visi TeSAGa DIY
         
Membantu, Mendukung dan Menguatkan terwujudnya anak yang hebat dan keluarga yang tangguh dalam Menghadapi Setiap Tantangan dalam Kehidupan.

 

Misi TeSAGa DIY

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan yang optimal.
  2. Memberikan solusi bermanfaat bagi anak dan keluarga yang membutuhkan;
  3. Membentuk pribadi anak yang kuat dan tidak mudah putus asa;
  4. Membentuk keluarga yang tangguh dan utuh;
  5. Membantu anak untuk kembali menjalankan peran serta haknya tanpa rasa takut;
  6. Mampu meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pelayanan TeSAGa DIY

 

Sasaran TeSAGa DIY

  1. Anak yang membutuhkan teman cerita, baik cerita senang, bahagia maupun sedih dan anak yang membutuhkan konseling terhadap permasalahan yang dialaminya.
  2. Keluarga yang membutuhkan tempat berbagi cerita, ingin berbagi pengalaman tentang membina keluarga, membutuhkan masukan positif terhadap permasalahan yang dihadapinya, maupun permasalahan yang terjadi pada anaknya.

 

Target TeSAGa DIY Tahun 2019

Melakukan sosialisasi Pengenalan TeSAGa DIY di Sekolah maupun lingkungan masyarakat di 5 kabupaten/kota DIY, agar layanan TeSAGa DIY dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas secara maksimal.

Kontak Kami

Jl.Tentara Rakyat Mataram No.31 Yogyakarta 55231 Indonesia
dp3ap2@jogjaprov.go.id
(0274) 562714
(0274) 558402
http://www.dp3ap2.jogjaprov.go.id

Kunjungan

  • Jumlah Pengunjung Online

  • 3
  • Hari Ini

  • 524
  • Bulan Ini

  • 12.358
  • Total Kunjungan

  • 173.460